F.A.Q


Kapan Waktu Pendaftaran dimulai?

Saat ini pendaftaran taruna baru TA 2019 sudah ditutup.


Ada seseorang menghubungi dan mengaku bisa membantu proses masuk STIN, bisakah dipercaya?

Dapat dipastikan bahwa itu adalah percobaan PENIPUAN. Tetaplah waspada dan hati-hati! STIN tidak bertanggung jawab atas PENIPUAN dalam bentuk apa pun. Bersikaplah seperti layaknya seorang TARUNA, ikuti prosedur!


Apakah Selama Proses Seleksi CATAR STIN 2019 dipungut biaya?

Biaya pendaftaran untuk masuk STIN semuanya GRATIS, tidak dipungut biaya sama sekali, namun pada saat tes CAT ada kewajiban sesuai dengan UU yang berlaku. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara, dinyatakan bahwa penyelenggaraan seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) bagi calon mahasiswa kedinasan ikatan dinas, dikenakan tarif sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per peserta.


Surat Keterangan Lulus Atau Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional, yang harus diunggah ?

Dokumen yang diunggah boleh menggunakan Surat Keterangan Lulus, Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional atau Surat keterangan sebagai siswa kelas 12.


Bagaimana langkah selanjutnya setelah semua dokumen berhasil diunggah dan kapan diumumkanya ?

Data yang sudah dilengkapi baik riwayat hidup dan dokumen peryaratan administrasi, tim verifikator STIN akan memverifikasi data riwayat hidup dan dokumen yang sudah dilengkapi. Adapun pengumuman lulus seleksi administrasi akan diumumkan melalui portal STIN.


Apakah data riwayat hidup dan dokumen yang sudah di unggah akan hilang seteleh logout ?

Tidak, data riwayat hidup dan dokumen yang sudah diunggah tidak akan hilang, data akan tersimpan secara otomatis di dalam portal, walaupun peserta catar telah logout.


Kenapa status saya ketika registrasi, ada status seleksi "BELUM DIVERIFIKASI" walaupun data riwayat hidup dan dokumen sudah dilengkapi ?

Status akan secara otomatis akan berubah setelah tim verifikator memverifikasi data, baik riwayat hidup maupun data dokumen yang sudah diunggah.


Berapa usia yang boleh masuk STIN ?

BATAS USIA PESERTA TARUNA TARUNI STIN T. A. 2019,
USIA 16 - 21 TAHUN PER 31 DESEMBER 2019
(31 DESEMBER 1998 - 31 DESEMBER 2003 )


Berapa besaran Kb dokumen yang wajib diunggah dan format ukurannya ?

Besaran Kb dokumen yang wajib diunggah boleh 1 Mb dan tidak melebihi dari 10 Mb, dan format yang diunggah bisa menggunakan ( .Jpg/jpeg atau .pdf )


Kalo catar sudah melakukan pendaftaran melalui bkn.

Untuk catar yang sudah melakukan pendaftaran di portal BKN, wajib registrasi ulang di portal STIN : www.stin.ac.id/login dan mengisi seluruh data riwayat hidup dan wajib mengunggah seluruh dokumen persyaratan administrasi. setelah diunggah tim verifikator akan memverifikasi data baik riwayat hidup maupun dokumen yang sudah dilengkapi. bagi yang dinyatakan lulus administrasi akan diumumkan melalui portal STIN.


kenapa pada saat pengisian Kelengkapan Persyaratan, file yang diupload tidak muncul, padahal ukuran filenya sudah diatas 1mb dan dibawah 10mb ?

Untuk format yang diunggah menggunakan ( .jpg/jpeg ) maka akan secara otomatis akan muncul dilaman catar masing2, adapun menggunakan format .pdf hanya akan muncul di laman extension atau ( nama file .pdf )


Bagaimana Jika Data NIK Dan Nomor Kartu Keluarga (KK) / NIK Kepala Keluarga Tidak Sesuai?

Apabila terdapat ketidaksesuaian data antara NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) / NIK Kepala Keluarga, silahkan mengajukan permohonan perbaikan data ke Kantor DUKCAPIL setempat sesuai alamat KTP, atau DUKCAPIL PUSAT untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki.
bisa di cek kembali di : http://dukcapil.kemendagri.go.id
atau bisa melalui no.hotline : (021) 7989737